Apa saja yang membuat hp cepat rusak?

IFTEK.MY.ID ~ Hai, sahabat gadget! Siapa sih yang nggak sedih ketika ponsel kesayangan tiba-tiba bermasalah atau rusak saat digunakan? Rasanya kayak kehilangan sahabat setia, kan? Nah, kali ini gue bakal berbagi cerita dari pengalaman pribadi tentang apa aja sih yang bisa bikin hp kita jadi cepat rusak. Siap-siap, ya!

hp cepat rusak

Apa saja yang membuat hp cepat rusak?

  1. Terlalu Terobsesi dengan Pengisian Cepat. Seringkali kita terburu-buru dan tergoda untuk nge-charge ponsel dengan charger yang nggak jelas? Nah, ini nih yang sering kita lupakan. Gue dulu suka banget pakai charger sembarangan, padahal nggak cocok sama hp. Alhasil, baterai jadi cepat drop.
  2. Eksperimen Gadget Berlebihan. Gak bisa sangkal, kebiasaan eksperimen dengan hp baru memang nggak bisa dihindari. Mungkin gara-gara penasaran pengaruhnya kayak apa, kita jadi suka install aplikasi nggak jelas atau malah nekat ngeroot ponsel. Nah, efeknya bisa bikin hp jadi lemot atau bahkan mati total.
  3. Terlalu Mengabaikan Kebersihan HP. Sering banget kita nggak sadar kalo ponsel kita bisa jadi kubangan kuman dan debu, apalagi kalo sering dipake di tempat yang nggak bersih. Gue dulu sering banget taro hp di saku celana atau tas tanpa proteksi. Lama-lama, kotoran masuk dan bikin hp jadi cepat rusak. Sekarang, gue rajin bersihin hp pake lap khusus biar tetap kinclong.
  4. Terjebak dalam Perangkat Klonengan. Pengalaman ini sering banget dialamin temen-temen gue. Mereka tergoda beli hp klonengan atau replika dengan harga miring. Padahal, kualitasnya jauh banget beda sama aslinya. Performa jelek, baterai gampang bocor, dan sebagainya. Jadi, daripada nyesel, mendingan nabung buat beli yang asli, kan?
  5. Malas Update Sistem Operasi Ponsel. Banyak dari kita yang malas update sistem operasi hp karena males nunggu prosesnya. Padahal, pembaruan ini seringkali mengandung perbaikan bug dan peningkatan performa. Gue dulu juga males update, tapi sejak rajin, hp jadi makin lancar dan fiturnya makin up-to-date.
  6. Overload dengan Aplikasi yang Nggak Terlalu Berguna. Sering nggak sih kita download aplikasi cuma karena teman pake atau gegara iklan yang menggiurkan? Padahal, banyak aplikasi yang kita jarang atau bahkan nggak pernah buka. Nah, ini bisa jadi salah satu penyebab hp lemot. Gue pernah ngalamin hp lelet karena aplikasi yang bersarang di hp gue ternyata nggak terlalu berguna. Kalo nggak terlalu butuh, mending uninstall aja, biar hp ringan lagi.
  7. Kelupaan Pake Casing dan Screen Protector. Jujur aja, gue dulu suka cuek soal pake casing dan screen protector. Alhasil, hp gue sering banget jatuh dan tergores. Sempet sebel sendiri, sih. Sekarang, gue sadar kalo perlindungan fisik itu penting. Nggak ada salahnya gaya, tapi jangan sampe lupa sama perlindungan hp kesayanganmu.
  8. Ketergantungan pada WiFi dan Bluetooth Terus-Menerus. Sering banget kan kita biarin WiFi dan Bluetooth nyala terus, meskipun nggak dipake. Hal ini bisa ngabisin baterai dengan cepat. Kalo nggak butuh, matiin aja. Hemat baterai dan bisa bikin hp awet lebih lama.
  9. Mengabaikan Suhu Ponsel. Hp juga sama seperti manusia, lho! Maksudnya, hp pun punya batasan suhu yang harus dijaga. Kalo terlalu panas atau terlalu dingin, bisa merusak kinerja dan baterai. Gue pernah bawa hp ke pantai dan langsung dipake, ehh ternyata panas matahari bikin hp gue error. Sekarang, gue lebih hati-hati, hindari panas berlebih atau dingin ekstrem.
  10. Mengejar Benchmark dan Performance Tanpa Henti. Tentu kita pengen hp kita punya performa terbaik, tapi seringkali kita terlalu fokus pada angka benchmark dan performance tinggi. Padahal, nggak semua aplikasi butuh spek super tinggi. Jangan terjebak pada mitos bahwa hp terbaru dan tercanggih adalah segalanya. Sesuaikan dengan kebutuhanmu, biar hp awet dan nggak cepat panas.

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat HP dengan Baik?

Jadi, itu dia beberapa kisah seru dari petualangan hp gue dan temen-temen. Semoga bisa jadi bahan renungan buat kita semua agar bisa menanggulangi penyebab hp cepat rusak. Ingat, rawat hp dengan baik, biar setia menemani kita dalam segala petualangan! Happy gadgeting!

You May Also Like

About the Author: admin_if

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *