Cara kalibrasi baterai android dengan benar

Iftek.my.id ~ Pernahkan anda merasakan jika setelah beberapa bulan lamanya anda memakai Android, baterai Android anda terasa menjadi lebih boros tak seperti pada saat awal-awal anda beli? Atau usai anda menginstall custom rom serta juga pada saat anda mengganti kernel, baterai smartphone anda akan menjadi sedikit boros? Apabila hal ini terjadi, maka hal ini bisa terjadi dikarenakan baterai yang tak terkalibrasi sempurna. Jadi solusi dari masalah ini yaitu dengan cara melakukan kalibrasi ulang pada baterai android Anda.

Cara kalibrasi baterai android

cara melakukan kalibrasi baterai android dengan baik dan benar

Berikut akan kami jabarkan mengenai cara melakukan kalibrasi baterai android dengan baik dan benar, diantaranya :

Cara 1: Melalui CWM Recovery (ClockworkMod):

  1. Isi baterai dalam kondisi mati hingga baterai penuh
  2. Setelah penuh, kemudian anda nyalakan, tunggu sampai presentase baterai 100%, kemudian anda masuk ke recovery mode atau CWM Recovery (Charger masih jangan dilepas)
  3. Di CWM, anda masuk ke menu “advanced”
  4. klik “Wipe baterry Stats”
  5. Reboot
  6. Setelah full 100%, kemudian anda lepaskan charger
  7. Lalu pakai smartphone dan pakai hingga benar-benar habis (mati sendiri)
  8. Kemudian anda charge lagi device hingga penuh dalam kondisi mati, hal ini dikerjakan untuk menetapkan standar pada tingkat kestabilan baterai dalam pemenuhannya
  9. Setelah baterai sudah berisi full, kemudian anda nyalakan kembali smartphonenya, tunggu sampai baterai 100%
  10. Selesai, mudah bukan?

Nah dibawah ini merupakan tips dari saya, diantaranya :

  1. Jika telah muncul peringatan baterai low, dengan cepat anda charger baterai anda
  2. Charge pada kondisi mati lebih baik dibandingkan anda charger dalam kondisi nyala
  3. Setiap malam usai tidak digunakan, anda matikan smartphone Android kalian

Cara 2: kalibrasi baterai dengan benar

  • Isi hingga penuh baterai dalam keadaan ponsel menyala, jika ponsel telah terisi penuh, anda cabut charger kemudian anda matikan ponselnya.
  • Pada saat ponsel kamu mati, anda hubungkan ponsel ke charger dan biarkan hingga 100% lagi. Lampu LED hijau yang menunjukkan jika proses pengisian telah selesai.
  • Langkah selanjutnya anda cabut charger, kemudian anda hidupkan ponsel dan atur layar ponsel supaya terus menyala. Kemudian anda pasang kembali ke charger serta anda tunggu sampai terisi 100% lagi.
  • Setelah terisi 100%, kemudian anda cabur charger kemudian anda biarkan sampai ponsel mati sendiri hingga mencapai level baterai 0%. usai mati, isi lagi hingga penuh. Pengaturan layar dikembalikan di settingan normal lagi.

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Battery Calibration

  • Pertama, instal aplikasi Battery Calibration
  • Kemudian anda hubungkan perangkat anda dengan charger hingga baterai penuh 100%.
  • Setelah itu anda buka aplikasi Battery Calibration dan anda periksa jumlah ‘mV’ yang terdapa di sebelah persentase, maka akan terlihat bahwa indikator angkanya akan semakin meningkat. Charge terus baterainya walaupun angkanya terus naik bahkan ababila baterai sudah 100%.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana pengisian baterai dengan benar dan baik, sehingga hp yang kita miliki itu tetap awet dan kuat tidak cepat rusak Terima kasih bagi anda yang sudah mengunjungi web kami dan mohon maaf jika ada tulisan yang salah. Semoga informasi singkat tentang cara kalibrasi baterai android dengan baik dan benar bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya, jangan lupa tinggalkan komentar dan sharenya.

You May Also Like

About the Author: admin_if

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *